PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

Guru merupakan sosok yang menjadi idola bagi anak didik, berikut ini diuraikan mengenai peran guru dalam pendidikan karakter, yakni
  1. Keteladanan, yang merupakan faktor mutlak yang harus dimiliki oleh seorang guru . Dalam pendidikan karakter, keteladanan yang dibutuhkan oleh guru berupa konsistensi dalam menjalankan perintah agama, kepedulian terhadap nasib orang-orang yang tidak mampu, kegigihan dalam meraih prestasi secara individu dan sosial, ketahanan dalam menghadapi tantangan, rintangan, godaan serta kecepatan dalam bergerak dan beraktualisasi.Selain itu dibutuhkan pula kecerdasan guru dalam membaca, memanfaatkan dan mengembangkan peluang secara produktif dan kompetitif.
  2. Inspirator, seseorang akan menjadi sosok inspirator jika ia mampu membangkitkan semangat untuk maju dengan menggerakkan segala potensi yang dimiliki untuk meraih prestasi bagi dirinya dan masyarakat.Jika semua guru mampu menjadi sosok inspirator maka kader-kader bangsa akan muncul sebagai sosok inspirator. Mereka akan mencurahkan segala daya dan upaya untuk meraih prestasi.
  3. Motivator, hal ini diperlukan oleh seorang guru untuk dapat membangkitkan spirit, etos kerja dan potensi yang luar biasa. Sosok guru dapat memberikan semangat kepada anak didik nya untuk terus berusaha meraih prestasi melalui berbagai macam cara misalnya dengan mengikuti aneka lomba dll.
  4. Dinamisator, yang berarti ia harus kaya gagasan dan pemikiran serta mempunyai visi jauh kedepan, sistematis, fungsional dan profesional. Mempunyai jaringan yang luas sehingga bisa melangkah secara ekspansif dan eksploratif. Mempunyai kemampuan sosial yang tinggi, peduli terhadap sesama, serta mempunyai daya kreatifitas yang tinggi.
  5. Evaluator, guru harus selalu mengevaluasi dirinya, metode pembelajaran yang diterapkan, sikap perilaku yang ditampilkan dll.Selain itu guru juga harus mampu melaksanakan penilaian terhadap peserta didik baik itu melalui ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, sehingga ia dapat mengetahui kemajuan /prestasi belajar yang diraih oleh peserta didik nya.
Itulah peran guru dalam pendidikan karakter, kiranya para guru di Indonesia dapat menerapkan sehingga anak didiknya menjadi siswa yang berkarakter serta unggul dalam prestasi dan berakhlak mulia.