RESENSI BUKU NON FIKSI

 


Judul Buku      : Aksi Literasi Guru Masa Kini

Penulis             : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.

Penerbit           : Gemala

Tahun Terbit   : 2020

Ukuran           : 14 X 20cm

Jumlah Hal      : viii + 94

 

Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. adalah seorang Penulis berbakat yang berprofesi sebagai guru kelas di SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Aktivitas menulisnya berawal dari blog dan media massa cetak. Blog Untuk Guru Era 4.0 merupakan hasil karya perdana Brian. Saat ini Brian telah memiliki karya beberapa buku tunggal dan antologi.

Pada tahun 2020 Brian merilis buku barunya yang berjudul Aksi Literasi Guru Masa Kini. Buku ini berkisah tentang perjalanannya bergelut dengan dunia literasi. Dalam bukunya, Brian mengulas tentang kecintaannya pada dunia literasi dengan aksi nyata yang dilakukannya khususnya pada siswa di sekolah tempatnya mengajar.

            Brian melakukan aksi nyatanya diawali dengan menggerakkan literasi dari hati. Dia merasa prihatin melihat kondisi ruang perpustakaan beserta isinya yang kurang memadai. Untuk itu dia bertekad memajukan para siswa melalui literasi.

            Dalam buku ini banyak inspirasi yang didapat ketika Guru ingin memajukan dunia literasi di sekolahnya. Misalnya ketika perpustakaan harus berbagi menjadi ruang kelas, maka ide untuk membuat pojok baca muncul. Demikian pula ketika para siswa mulai jenuh dengan membaca, maka diadakan tantangan membaca. Selain itu siswa ditantang untuk menulis melalui jurnal harian. Pada awalnya hasil yang dicapai kurang menggembirakan. Namun, seiring berjalannya waktu dan Guru dengan sabar membimbing akhirnya para siswa mampu menulis melalui buku karya antologi.

            Selain itu, Brian banyak membimbing siswanya untuk mengikuti kegiatan kompetisi baik tingkat kecamatan bahkan sampai tingkat nasional diupayakannya agar bisa tembus. Selain membimbing siswa, Brian juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi kegiatan guru dalam dunia menulis. Salah satu diantaranya adalah dengan menyediakan blog khusus diperuntukkan bagi para guru yang merasa kesulitan mempromosikan buku yang telah diterbitkannya secara indie.

            Kelebihan buku ini adalah ketika Penulis berhasil menuangkan ide atau gagasannya untuk memajukan dunia literasi sehingga dapat menginspirasi. Buku ini sangat cocok untuk dibaca para Guru yang ingin memajukan sekolahnya dalam bidang literasi. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami secara umum dengan tata letak dan gambar yang sangat menarik untuk dinikmati.

            Secara menyeluruh kekurangannya hanya pada tebal bukunya saja yang harus ditambah jumlah halamannya.

            Jadi, buku ini sangat baik dan perlu untuk dibaca khususnya oleh guru dan pembaca lain pada umumnya. Karena setelah membaca buku ini, kita akan tahu apa saja yang perlu diperhatikan agar Gerakan Literasi Sekolah dapat berjalan dengan baik.

 

Peresensi : Min Hermina, M.Pd.