Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan

Tentunya pembelajaran yang menyenangkan adalah pasti dambaan setiap siswa.Dalam kondisi yang menyenangkan pula tentunya guru akan merasa nyaman berinteraksi dengan siswanya. Pembelajaran akan lebih efektif karena siswa tentunya akan lebih terbuka terhadap guru dan menyukai pelajaran yang diberikan oleh guru tsb.
Prinsip pembelajaran yang menyenangkan disini haruslah mempertimbangkan faktor siswa sebagai subjek, artinya siswa adalah pelaku dalam proses pembelajaran sehingga mereka membutuhkan kenyamanan dalam belajar. Lalu bagamanakah seorang guru dapat menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan itu ? Tentunya kenyamanan yang menjadi hak anak haruslah diciptakan oleh guru yang baik,misalnya siswa belajar tidak dalam keadaan tertekan, guru menyampaikan pelajaran secara enjoy, siswa diberi kebebasan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat atau berargumentasi, siswa memperoleh reward yang memotivasi dan punishment yang tidak menyudutkan dan mempermalukan.
Menurut Ismail Kusmayadi,dalam buku nya yang berjudul " JADI GURU PRO ITU MUDAH" bahwa sebuah penelitian menunjukan para siswa suka pada guru yang mampu menaikan harga diri mereka, misalnya menegur dengan cara memanggilnya baik baik ke ruang guru dan berbicara dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang. dengan begitu mereka merasa lebih dihargai dari pada dimarahi secara langsung dihadapan orang lain.Jadi jika siswa sudah membenci gurunya, dia akan menjaga jarak dengan guru tsb. Bahkan dampak yang lebih buruk, mereka tidak mau lagi datang ke sekolah atau bahkan mencari cari alasan untuk keluar kelas pada saat guru yang dibencinya masuk kelas. Dia tidak mau berinteraksi dengan guru karena pastilah guru itu akan menyampaikan kritiknya lagi dihadapan teman temannya.
Untuk itu, wahai sahabatku para guru tercinta marilah mulai sekarang kita ubah persepsi/paradigma yang selama ini kurang baik menjadi lebih baik lagi dengan satu tekad bahwa tanggungjawab seorang guru sungguh sangatlah berat. Untuk itu mulai sekarang marilah kita ciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi para siswa kita supaya mereka juga mau menyenangkan gurunya. Sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai,dan anak didik kita menjadi anak yang pandai dan berbudi luhur menghargai para guru tercintanya. Bravo Guru Indonesia !!