HAKIKAT KREATIFITAS

Dalam kehidupan ini kreatifitas sangat penting, karena kreatifitas merupakan suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kehidupan manusia. kreatifitas manusia melahirkan pencipta besar yang mewarnain sejarah kehidupan umat manusia dengan karya-karya spektakulernya.

Kreatifitas tidak hanya sekedar keberuntungan, tetapi merupakan kerja keras yang disadari. Kegagalan bagi orang kreatif hanyalah merupakan variabel pengganggu untuk keberhasilan. Dia akan mencoba lagi, dan mencoba lagi hingga berhasil. Orang yang kreatif menggunakan pengetahuan yang kita semua memilikinya dan membuat lompatan yang memungkinkan, mereka memandang segala sesuatu dengan cara-cara yang baru.

Kreatifitas adalah daya cipta dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada. Biasanya, kreatifitas akan memunculkan inovasi, yaitu kemampuan untuk memperbaharui hal-hal yang telah ada. Bila kreatifitas itu daya atau kemampuan, maka inovasi itu hasil atau produk.

Pada dasarnya kita semua kreatif. Selama manusia bisa berpikir dengan baik, maka dia kreatif. Tidak lebih dari proses berpikir dalam menghasilkan sesuatu. Menghasilkan bukan berarti dari yang tidak ada menjadi ada, kita bisa menghasilkan bentuk baru, format baru, bahan baru. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kreatifitas adalah suatu perjalanan menemukan sesuatu yang belum ditemukan oleh orang lain.

Menurut para ahli, seseorang yang kreatif selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru, dan biasanya tidak dilihat oleh orang lain. Proses Kreatifitas melibatkan adanya ide-ide baru, berguna dan tidak terduga etapi dapat diimplementasikan.

Jadi, marilah kita saling menciptakan kreatifitas agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan siswa.