LEMBAR OBSERVASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )
Seringkali kita merasa kebingungan ketika akan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) khususnya ketika akan menyiapkan lembar observasi untuk para observer. Kira-kira apa saja lembar observasi yang harus disiapkan oleh seorang peneliti . Berikut ini beberapa contoh lembar observasi yang dapat digunakan oleh seorang observer ( pengamat ) ketika mengobservasi kelas yang sedang diteliti.
FORMAT
PENGAMATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
I. IDENTITAS KBM
YANG DIAMATI
1. Nama Sekolah : SMPN 1 Cikampek
2. Alamat
Sekolah : Jl Ahmad Yani Cikampek
3. Nama Guru : Min Hermina, S.Pd.Ing
4. Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
5.
Materi/Bahan Pelajaran : Narrative Text
6. Siklus/Pertemuan
ke : 1
7.
Kelas/Semester :
IX/2
8. Waktu : 2x40 menit
II. ASPEK YANG
DIAMATI
Petunjuk
pengisian :
Berilah tanda V
pada kolom yang sesuai dengan aspek yang diamati, dan catatlah hal hal yang
penting dan relevan sehubungan dengan aspek yang diamati dalam kolom
keterangan.
No
|
Aspek yang
diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Keterangan
|
1.
|
A. Pendahuluan
·
Apakah guru mengabsen,
memotivasi/membangkitkan minat siswa belajar
·
Adanya apersepsi
·
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
·
Menyiapkan alat bahan/media
pembelajaran
·
Mengemukakan alur kegiatan yang akan
dilakukan siswa
|
|
|
|
2.
|
B. Kegiatan
Pokok
·
Apakah guru menggunakan alat, bahan
atau media pembelajaran
·
Sesuaikah media dengan materi ?
·
Memotivasi siswa untuk bertanya ?
·
Berperan sebagai fasilitator
·
Mengaktifkan diskusi
·
Memantau kesulitan/kemajuan belajar
siswa ?
|
|
|
|
3.
|
C. Penutup
·
Apakah siswa membuat
rangkuman/catatan
?
·
Apakah guru memberikan tugas/pr ?
·
Apakah guru melakukan refleksi ?
|
|
|
|
Cikampek, …………………
Observer,
FORMAT
PENGAMATAN PENAMPILAN KEMAMPUAN
I. IDENTITAS KBM
YANG DIAMATI
1. Nama Sekolah : SMPN 1 Cikampek
2. Alamat
Sekolah : Jl Ahmad yani Cikampek
3. Nama Guru : Min Hermina, S.Pd.Ing
4. Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
5. Materi/Bahan Pelajaran :
Narrative Text
6. Siklus/pertemuan
ke : 2/1
7.
Kelas/Semester :
IX/2
8. Waktu : 2x40 menit
II. ASPEK YANG
DIAMATI
Petunjuk
pengisian :
Berilah tanda V
pada kolom yang sesuai dengan aspek yang diamati, dan catatlah hal hal yang penting
dan relevan sehubungan dengan aspek yang diamati dalam kolom keterangan.
No
|
Aspek yang
diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Keterangan
|
1.
|
A. Penampilan
Guru
·
Apakah guru ceria
·
Apakah guru antusias dalam mengajar
·
Apakah guru memiliki semangat dalam
mengajar ?
·
Apakah penampilan guru rapi dan sopan ?
|
|
|
|
2.
|
B. Penggunaan
Papan tulis
·
Apakah tulisan guru di papan tulis
dapat terbaca sampai belakang ?
·
Apakah guru menuliskan istilah istilah
/kosakata baru ?
|
|
|
|
3.
|
C. Pengelolaan
Waktu
·
Apakah guru menggunakan waktu secara
efektif dan efisien
·
Apakah guru menggunakan sebagian waktu
untuk menciptakan situasi siswa belajar ?
|
|
|
|
Cikampek,…………………….
Observer,
FORMAT
PENGAMATAN PENGELOLAAN KELAS
I. IDENTITAS KBM
YANG DIAMATI
1. Nama Sekolah : SMPN 1 Cikampek
2. Alamat
Sekolah : Jl.Jendral Ahmad Yani
3. Nama Guru : Min Hermina,SPd.Ing
4. Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
5. Materi : Narrative Text
6. Siklus/pertemuan
ke : 2/2
7.
Kelas/Semester :
IX/2
8. Waktu : 2 jampel @40 menit
II. ASPEK YANG DIAMATI
Petunjuk
pengisian :
Berilah tanda V
pada kolom yang sesuai dengan aspek yang diamati, dan catatlah hal hal yang
penting dan relevan sehubungan dengan aspek yang diamati dalam kolom
keterangan.
No
|
Aspek yang
diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Keterangan
|
1.
|
A. Pengelolaan
Kelas
·
Apakah guru menenangkan kelas sebelum
memulai pelajaran ?
·
Apakah guru mengatur pengelompokan siswa
?
|
|
|
|
2.
|
B. Teknik
bertanya
·
Apakah guru menyebarkan pertanyaan
kepada siswa ?
·
Apakah guru memperhatikan waktu tunggu
jawaban siswa ?
·
Apakah guru menghindari jawaban
serentak ?
·
Apakah guru menanggapi jawaban siswa
dengan baik dan penuh perhatian ?
|
|
|
|
3.
|
C. Pengelolaan
pembelajaraan kooperatif
·
Apakah guru membagi dalam kelompok ?
·
Apakah guru memberikan uji awal dan
uji akhir ?
|
|
|
|
Cikampek,
………………..
Observer,
PEDOMAN
OBSERVASI SISWA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Nama Guru : Min Hermina, S.Pd.Ing
Topik /Pokok
Bahasan : Narrative Text
Waktu : 2x40 menit
Siklus/pertemuan
ke : 1/2
NO
|
CIRI
PRILAKU SISWA DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN BELAJAR NYA
|
YA
|
TIDAK
|
KOMENTAR
|
1.
|
Mencari dan memberikan
informasi
|
|
|
|
2.
|
Bertanya pada guru atau siswa
lain
|
|
|
|
3.
|
Diskusi atau memecahkan masalah
|
|
|
|
4.
|
Mengerjakan tugas yang
diberikan guru
|
|
|
|
5.
|
Memanfaatkan sumber belajar
yang ada
|
|
|
|
6.
|
Menilai dan memperbaiki
pekerjaannya
|
|
|
|
7.
|
Dapat menjawab pertanyaan guru
dengan tepat saat KBM berlangsung
|
|
|
|
8.
|
Dapat memecahkan masalah dengan tepat
|
|
|
|
9.
|
Ada usaha dan motivasi untuk
mempelajari bahan atau stimulus yang diberikan guru
|
|
|
|
10.
|
Dapat bekerjasama dan
berhubungan dengan siswa lain
|
|
|
|
Cikampek, ....................................
Observer
FORMAT
PENGAMATAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/2
Waktu : 2 x 40 menit
Topik
Pembelajaran : Narrative
Text
Siklus /Pertemuan ke :
2/2
Nama Guru : Min Hermina,
S.Pd.Ing
KEGIATAN
|
PENGAMATAN
|
YA
|
TIDAK
|
Apersepsi
|
1. Persiapan
pembelajaran ( RPP )
2. Menyiapkan
media pembelajaran
3. Penampilan
penyaji
|
|
|
Kegiatan Inti
|
PENDAHULUAN
4. Pemeriksaan
Kehadiran siswa
5. Pelaksanaan
apersepsi
6.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
7. Pemberian
motivasi pembelajaran
8.
Penjelasan alur pelaksanaan pembelajaran
INTI
9. Penerapan
strategi pembelajaran tertentu
10.
Keterpaduan bahan pembelajaran
11. Penggunaan
media pembelajaran
12. Penerapan
teknik bertanya
13.
Pemberian pengalaman berbahasa kepada
siswa
14.
Pembahasan hasil kerja yang melibatkan keaktifan siswa
15. Pemberian
bimbingan kepada siswa
16. Penggunaan
bahasa yang tepat
|
|
|
Penutup
|
17.
Penggunaan sistem penilaian (lisan/tertulis )
18. Pemberian
tindak lanjut
(perbaikan/pengayaan
)
19. Pemahaman
wawasan siswa
( tugas akhir )
|
|
|
Karawang,…………
Observer,
……………………………
LEMBAR
PRILAKU SISWA DALAM PBM
Nama
Sekolah : SMPN 1 Cikampek
Nama
Guru : Min Hermina, S.Pd.Ing
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Pokok
Bahasan : Narrative Text
Kelas/Semester : IX/2
Siklus/Pertemuan
Ke : 2/2
No
|
Perilaku
Siswa Dalam PBM
|
Tally
|
Jumlah
|
Prosentase
|
1
|
Menyelesaikan
tugas
|
|
|
|
2
|
Interaksi
dengan buku sumber/LKS
|
|
|
|
3
|
Interaksi
dengan bahan pelajaran
|
|
|
|
4
|
Interaksi
dengan teman
|
|
|
|
5
|
Menyimak/mencatat
penjelasan
|
|
|
|
6
|
Bermotif
kerja
|
|
|
|
7
|
Bertanggung
jawab
|
|
|
|
8
|
Bercanda/bermain
di kelas
|
|
|
|
9
|
Keluar/masuk
kelas
|
|
|
|
10
|
Tidak
memperhatikan penjelasan
|
|
|
|
11
|
Menjawab
pertanyaan guru
|
|
|
|
12
|
Mengajukan
pertanyaan
|
|
|
|
13
|
Datang
terlambat
|
|
|
|
14
|
Acuh
tak acuh dalam kelompok
|
|
|
|
Cikampek,...........................
Observer
Format Ketrampilan
Guru Dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran
Siklus/Pertemuan
ke : 1/2
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Pengelolaan
kelas
|
|
|
|
-
Berdoa dan
mengabsen siswa
|
|
|
2
|
Apersepsi
menarik perhatian siswa
|
|
|
3
|
Membangkitkan
motivasi belajar
|
|
|
4
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
|
|
5
|
Unsur materi :
|
|
|
|
-
Penguasaan
|
|
|
|
-
Urutan
|
|
|
|
-
Kejelasan
|
|
|
6
|
Unsur
pembelajaran
|
|
|
|
a. Penjelasan
konsep
|
|
|
|
-
Melalui informasi
|
|
|
|
-
Melalui peragaan/demonstrasi
|
|
|
|
b.
Mengorganisasi siswa kedalam kel belajar
|
|
|
|
c. Melibatkan
siswa dalam proses pembelajaran
|
|
|
|
d. Menerapkan
teknik bertanya
|
|
|
|
-
Cara menyampaikan pertanyaan
|
|
|
|
-
Cara menanggapi pertanyaan
|
|
|
|
-
Menyimpulkan pendapat siswa
|
|
|
|
e. Penggunaan
media pembelajaran
|
|
|
|
-
Papan tulis
|
|
|
|
-
Alat peraga
|
|
|
|
f.
Melaksanakan kegiatan sesuai RPP
|
|
|
|
g. Membimbing
siswa
|
|
|
|
-
Menjawab pertanyaan
|
|
|
|
-
Menyampaikan pendapat
|
|
|
|
h. Penampilan
|
|
|
|
-
Berbahasa yg baik
|
|
|
|
-
Kejelasan berbicara
|
|
|
|
-
Penghargaan kepada siswa
|
|
|
7
|
Penutup
|
|
|
|
a. Menyimpulkan
hasil kegiatan belajar
|
|
|
|
b. Melaksanakan
pos tes atau tugas/pr
|
|
|
|
c. Ketepatan
waktu
|
|
|
Cikampek,
…………………….
Observer,