LEMBAR OBSERVASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )

Seringkali kita merasa kebingungan ketika akan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) khususnya ketika akan menyiapkan lembar observasi untuk para observer. Kira-kira apa saja lembar observasi yang harus disiapkan oleh seorang peneliti . Berikut ini beberapa contoh lembar observasi yang dapat digunakan oleh seorang observer  ( pengamat ) ketika mengobservasi kelas yang sedang diteliti.



FORMAT PENGAMATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
I. IDENTITAS KBM YANG DIAMATI

1. Nama Sekolah                                 : SMPN 1 Cikampek
2. Alamat Sekolah                               : Jl Ahmad Yani Cikampek
3. Nama Guru                                     : Min Hermina, S.Pd.Ing
4. Mata Pelajaran                                : Bahasa Inggris
5. Materi/Bahan  Pelajaran                  : Narrative Text
6. Siklus/Pertemuan ke                        : 1
7. Kelas/Semester                                : IX/2
8. Waktu                                             : 2x40 menit

II. ASPEK YANG DIAMATI
Petunjuk pengisian :
Berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan aspek yang diamati, dan catatlah hal hal yang penting dan relevan sehubungan dengan aspek yang diamati dalam kolom keterangan.

No
Aspek yang diamati
Ya
Tidak
Keterangan
1.







A. Pendahuluan
·         Apakah guru mengabsen, memotivasi/membangkitkan minat siswa belajar
·         Adanya apersepsi
·         Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
·         Menyiapkan alat bahan/media pembelajaran
·         Mengemukakan alur kegiatan yang akan dilakukan  siswa



2.
B. Kegiatan Pokok
·         Apakah guru menggunakan alat, bahan atau media pembelajaran
·         Sesuaikah media dengan materi ?
·         Memotivasi siswa untuk bertanya ?
·         Berperan sebagai fasilitator
·         Mengaktifkan diskusi
·         Memantau kesulitan/kemajuan belajar siswa ?



3.
C. Penutup
·         Apakah siswa membuat
rangkuman/catatan ?
·         Apakah guru memberikan tugas/pr ?
·         Apakah guru melakukan refleksi ?




            Cikampek, …………………
       Observer,


FORMAT PENGAMATAN PENAMPILAN KEMAMPUAN

I. IDENTITAS KBM YANG DIAMATI

1. Nama Sekolah                                 : SMPN 1 Cikampek
2. Alamat Sekolah                               : Jl Ahmad yani Cikampek
3. Nama Guru                                     : Min Hermina, S.Pd.Ing
4. Mata Pelajaran                                : Bahasa Inggris
5. Materi/Bahan  Pelajaran                  : Narrative Text
6. Siklus/pertemuan ke                        : 2/1
7. Kelas/Semester                                : IX/2
8. Waktu                                             : 2x40 menit

II. ASPEK YANG DIAMATI
Petunjuk pengisian :
Berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan aspek yang diamati, dan catatlah hal hal yang penting dan relevan sehubungan dengan aspek yang diamati dalam kolom keterangan.
No
Aspek yang diamati
Ya
Tidak
Keterangan
1.

A. Penampilan Guru

·         Apakah guru ceria
·         Apakah guru antusias dalam mengajar
·         Apakah guru memiliki semangat dalam mengajar ?
·         Apakah penampilan guru rapi dan sopan ?



2.

B. Penggunaan Papan tulis

·         Apakah tulisan guru di papan tulis dapat terbaca sampai belakang ?
·         Apakah guru menuliskan istilah istilah /kosakata baru  ?



3.
C. Pengelolaan Waktu

·         Apakah guru menggunakan waktu secara efektif dan efisien
·         Apakah guru menggunakan sebagian waktu untuk menciptakan situasi siswa belajar ?



                                                                                                                                                                 Cikampek,…………………….
                                                Observer,



FORMAT PENGAMATAN PENGELOLAAN KELAS

I. IDENTITAS KBM YANG DIAMATI
1. Nama Sekolah                                 : SMPN 1 Cikampek
2. Alamat Sekolah                               : Jl.Jendral Ahmad Yani
3. Nama Guru                                     : Min Hermina,SPd.Ing
4. Mata Pelajaran                                : Bahasa Inggris
5. Materi                                              : Narrative Text
6. Siklus/pertemuan ke                        : 2/2
7. Kelas/Semester                                : IX/2
8. Waktu                                             : 2 jampel @40 menit

            II. ASPEK YANG DIAMATI
Petunjuk pengisian :
Berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan aspek yang diamati, dan catatlah hal hal yang penting dan relevan sehubungan dengan aspek yang diamati dalam kolom keterangan.
No
Aspek yang diamati
Ya
Tidak
Keterangan
1.





A. Pengelolaan Kelas

·         Apakah guru menenangkan kelas sebelum memulai pelajaran ?
·         Apakah guru mengatur pengelompokan siswa ?




2.
B. Teknik bertanya

·         Apakah guru menyebarkan pertanyaan kepada siswa ?
·         Apakah guru memperhatikan waktu tunggu jawaban siswa ?
·         Apakah guru menghindari jawaban serentak ?
·         Apakah guru menanggapi jawaban siswa dengan baik dan penuh perhatian ?




3.
C. Pengelolaan pembelajaraan kooperatif

·         Apakah guru membagi  dalam kelompok ?
·         Apakah guru memberikan uji awal dan uji akhir ?






Cikampek, ………………..
                       Observer,
PEDOMAN OBSERVASI SISWA

Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Nama Guru                             : Min Hermina, S.Pd.Ing
Topik /Pokok Bahasan            : Narrative Text
Waktu                                     : 2x40 menit
Siklus/pertemuan ke                : 1/2


NO
CIRI PRILAKU SISWA DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN BELAJAR NYA
YA
TIDAK
KOMENTAR
1.
Mencari dan memberikan informasi




2.
Bertanya pada guru atau siswa lain




3.
Diskusi atau memecahkan masalah




4.
Mengerjakan tugas yang diberikan guru




5.
Memanfaatkan sumber belajar yang ada




6.
Menilai dan memperbaiki pekerjaannya




7.
Dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat saat KBM berlangsung



8.
Dapat  memecahkan masalah dengan tepat





9.
Ada usaha dan motivasi untuk mempelajari bahan atau stimulus yang diberikan guru




10.
Dapat bekerjasama dan berhubungan dengan siswa lain






Cikampek, ....................................
               Observer





FORMAT PENGAMATAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                                    : IX/2
Waktu                                                 : 2 x 40 menit
Topik Pembelajaran                             : Narrative Text
Siklus  /Pertemuan ke                         : 2/2
Nama Guru                                         : Min Hermina, S.Pd.Ing


KEGIATAN
PENGAMATAN
YA
TIDAK
Apersepsi
1. Persiapan pembelajaran ( RPP )
2. Menyiapkan media pembelajaran
3. Penampilan penyaji


Kegiatan Inti
PENDAHULUAN
4. Pemeriksaan Kehadiran siswa
5. Pelaksanaan apersepsi
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran
7. Pemberian motivasi pembelajaran
8. Penjelasan alur pelaksanaan pembelajaran
INTI
9. Penerapan strategi pembelajaran tertentu
10. Keterpaduan bahan pembelajaran
11. Penggunaan media pembelajaran
12. Penerapan teknik bertanya
13. Pemberian pengalaman berbahasa   kepada siswa
14. Pembahasan hasil kerja yang melibatkan keaktifan siswa
15. Pemberian bimbingan kepada siswa
16. Penggunaan bahasa yang tepat


Penutup
17. Penggunaan sistem penilaian (lisan/tertulis )
18. Pemberian tindak lanjut
(perbaikan/pengayaan )
19. Pemahaman wawasan siswa
 ( tugas akhir )



                                                                                                           
                                                                                                                                                                                                                                    Karawang,…………
                                                                                                            Observer,


                                                                                                                                                                                                                        ……………………………

LEMBAR PRILAKU SISWA DALAM PBM

Nama Sekolah             : SMPN 1 Cikampek
Nama Guru                 : Min Hermina, S.Pd.Ing
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Pokok Bahasan           : Narrative Text
Kelas/Semester            : IX/2
Siklus/Pertemuan Ke   : 2/2

No
Perilaku Siswa Dalam PBM
Tally
Jumlah
Prosentase
1
Menyelesaikan tugas




2
Interaksi dengan buku sumber/LKS




3
Interaksi dengan bahan pelajaran




4
Interaksi dengan teman




5
Menyimak/mencatat penjelasan




6
Bermotif kerja




7
Bertanggung jawab




8
Bercanda/bermain di kelas




9
Keluar/masuk kelas




10
Tidak memperhatikan penjelasan




11
Menjawab pertanyaan guru




12
Mengajukan pertanyaan




13
Datang terlambat




14
Acuh tak acuh dalam kelompok





                                                                  Cikampek,...........................
                                     Observer






Format Ketrampilan Guru Dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran

Siklus/Pertemuan ke    : 1/2
No
                         Aspek yang dinilai
Penilaian
Ya
Tidak
1
Pengelolaan kelas



-          Berdoa dan mengabsen siswa


2
Apersepsi menarik perhatian siswa


3
Membangkitkan motivasi belajar


4
Menyampaikan tujuan pembelajaran


5
Unsur materi :



-          Penguasaan



-          Urutan



-          Kejelasan


6
Unsur pembelajaran



a. Penjelasan konsep



-          Melalui informasi



-          Melalui peragaan/demonstrasi



b. Mengorganisasi siswa kedalam kel belajar



c. Melibatkan siswa dalam proses pembelajaran



d. Menerapkan teknik bertanya



-          Cara menyampaikan pertanyaan



-          Cara menanggapi pertanyaan



-          Menyimpulkan pendapat siswa



e. Penggunaan media pembelajaran



-          Papan tulis



-          Alat peraga



f. Melaksanakan kegiatan sesuai RPP



g. Membimbing siswa



-          Menjawab pertanyaan



-          Menyampaikan pendapat



h. Penampilan



-          Berbahasa  yg baik



-          Kejelasan berbicara



-          Penghargaan kepada siswa


7
Penutup



a. Menyimpulkan hasil kegiatan belajar



b. Melaksanakan pos tes atau tugas/pr



c. Ketepatan waktu




                                                            Cikampek, …………………….

                                                            Observer,