HASIL KONGRES GURU INDONESIA DI JAKARTA

PESERTA DARI SMPN 1 CIKAMPEK : Hj CUCU SUMARYANI, M.Pd, MIN HERMINA,S.Pd dan RUKMINI,S.Pd.
1. TEMA KONGRES
Preparing Educators for a Changing World : Education for Sustainable Development ( ESD ) atau mempersiapkan para pendidik dalam perubahan dunia : Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan.
2. Peserta Kongres
Diikuti oleh 1000 orang guru dari seluruh Indonesia dengan pembicara dari luar dan dalam negeri.
3. Isi Kongres
PBB menetapkan tahun 2005-2014sebagai dekade Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan ( Education for Sustainable Development/ESD ) .
Para ilmuwan mendefinisikan "berkelanjutan" sebagai sebuah upaya melestarikan hal-hal yang bermakna untuk generasi masa depan dan menjaganya dengan memberdayakan masyarakat dalam hubungan positif dan pembangunan, supaya tidak merugikan baik untuk orang yang hidup dimasa kini maupun dimasa mendatang. Keberlanjutan adalah tentang pengembangan dan pelestarian potensi sumber daya manusia. KGI 2010 mengusung tema penting tsb adalah untuk mempersiapkan guru masa depan yang berkualitas dan mampu menjadi pemimpin dalam profesinya untuk mencapai cita-cita pendidikan berkelanjutan di tanah air. Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan bukanlah suatu subjek atau disiplin ilmu yang harus dipelajari siswa dengan cara uduk di dalam kelas.ESD adalah proses, perspektif, sikap dan aksi. Proses belajar yang memberi kesempatan bagi siswa utuk berdebat,diskusi, melakukan refleksi, mengembangkan ide baru, bersahabat dengan bumi dan menjaga perdamaian antar penduduknya. Pada akhirnya, dengan harapan, kita sebagai pendidik dapat bergerak maju menuju masa depan yang berkelanjutan.( MH )