MENJADI GURU PROFESIONAL

Guru merupakan suatu profesi yang mulia, berbagai lagu terlantun untuk guru mengingat jasa-jasa nya yang tiada tara. Terlebih jika para guru tsb dapat menjalankan profesinya secara optimal dan profesional, maka dengan torehan tangan para gurulah akan terukir generasi harapan bangsa yang berkualitas, berguna bagi nusa, bangsa dan agama.
Mengingat begitu pentingnya profesionalisme guru dalam proses pembelajaran pendidikan dan pembentukan kepribadian generasi bangsa, maka melalui tulisan ini , kami ingin membagi informasi tentang profesionalitas guru. Dengan demikian, sang guru yang merupakan pelita ini, niscaya akan terus menerangi jalan yang menghantarkan para peserta didik nya menuju ke gerbang kesuksesan.
Apa sih pengertian dari guru profesional itu ?
Menurut Drs.Moh.Uzer Usman, guru profesional adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan, sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal, terdidik dan terlatih dengan baik serta memiliki pengalaman yang kaya di bidangnya.
Seorang guru profesional juga harus mempunyai beberapa kompetensi, yakni :
1. Pedagogik
Adalah kemampuan mengelola pembelajaran
2. Kepribadian
Adalah kemampuan yang stabil, berwibawa menjadi teladan dan berakhlak mulia
3. Profesional
Adalah kemampuan menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam , serta metode dan teknik mengajar yang sesuai dan mudah dipahami siswa
4. Sosial
Adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan .
Peranan Guru dalam Pembelajaran :
  • Fasilitator
  • Edukator
  • Inovator
  • Mediator
  • Dinamisator
  • Evaluator
  • Learning Manager
  • Sumber belajar

Apa saja tugas guru ?

1. Profesi

- Mendidik : Meneruskan dan mengembangkan nilai hidup

- Mengajar : Meneruskan dan mengembangkan IPTEK

- Melatih : Mengembangkan keterampilan dan penerapan

2. Kemanusiaan

- Menjadi orang tua kedua

3. Kemasyarakatan

- Mendidik, mengajar serta mencerdaskan bangsa Indonesia

Dengan demikian, sosok guru yang adalah seorang figur sentral dalam dunia pendidikan,khususnya terjalinnya proses interaksi belajar mengajar. Oleh karena nya guru harus memiliki karakteristik kepribadian yang ideal sesuai dengan tuntutan zaman yang semakin maju dan berkembang, para guru hendaknya selalu siap dengan segala perubahan yang terjadi seiring dengan era globalisasi dunia.