METODE, PENDEKATAN DAN TEKNIK MENGAJAR

A. Pengertian Metode
Metode merupakan bagian dari komponen pengajaran yang menduduki posisi penting, oleh karena itu hendaknya guru menguasai, mengetahui dan memahami berbagai metode pengajaran.
Metode berasal dari bahasa Greeka Yunani, yaitu metha ( melalui/melewati ) dan hodos ( jalan atau cara ) dengan kata lain bahwa metoda adalah jalan atau cara yang ditempuh oleh seorang guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan pada anak didiknya sehingga dapat mencapai tujuan tertentu.
B. Macam-Macam Metode
Dalam garis besarnya metode terbagi 2 yaitu konvensional dan inkonvensional, berbagai macam metode yang ada tidak ada metode yang terbaik dan terbenar melainkan yang ada adalah tepat dan tidak tepat, karena setiap metode mempunyai kelebihan dan kelemahan.
Yang termasuk kedalam metode konvensional adalah :
  • Metode pembiasaan
  • Metode keteladanan
  • Metode penghargaan
  • Metode hukuman
  • Metode ceramah
  • Metode tanya jawab
  • Metode diskusi
  • Metode resitasi
  • Metode karya wisata
  • Metode latihan
  • Metode simulasi
  • Metode kerja kelompok
Sedangkan yang termasuk kedalam metode inkonvensional adalah :
  • Metode pengajaran modul
  • Metode pengajaran berprograma
  • Metode pengajaran unit
  •  Metode CBSA
  • Metode KBK
  • Metode KTSP
B. Pendekatan
Yang termasuk kedalam pendekatan adalah sebagai berikut :
  • Self esteem approach ( kesadaran akan harga diri ) yaitu pendekatan dimana siswa perlu diperhatikan guru yang berupa kompetensi afektif ( sikap )
  • Creative approach ( pendekatan kreatif ), yaitu pendekatan melalui kegiatan problem solving, brain storming, inqury dan role playing
  • Value clarification and moral development approach, yaitu pendekatan yang berupa humanistik ( kemanusiaan ) dan holistik ( keseluruhan ) dalam mengembangkan potensi siswa.
  • Multiple talent approach, yakni pendekatan dalam pengembangan potensi akan membangun self concept yang menunjang kesehatan mental.
  • Inqury approach, yaitu pendekatan untuk memberikan kesempatan menggunakan proses mental dalam menemukan konsep atau prinsip ilmiah, serta meningkatkan potensi intelektualnya.
  • Pictorial riddle approach, yaitu pendekatan untuk mengembangkan motivasi dan minat peserta didik dalam diskusi kelompok kecil dalam rangka meningkatkan kemampuan berfikir kreatif
Synthetics approach, yaitu pendekatan yang memusatkan perhatian pada kompetensi peserta didik untuk mengembangkan berbagai bentuk methapora untuk membuka intelegensinya dan mengembangkan kreatifitasnya.
  C. Teknik/Model Pembelajaran
Sedangkan yang termasuk kedalam teknik/model pembelajaran diantaranya adalah :
  • Snowball throwing
  • Two stay two stray
  • Example non example
  • TGT ( team games tournament )
  • STAD
  • Window shopping
  •  The power of two
  • Get a star
  • Jigsaw
  • Think pair share
  • Numbered head together
  • Talking stick
Dan masih banyak lagi model pembelajaran yang harus dikuasai oleh guru, agar dalam mengajar siswa tidak mengalami kejenuhan/bosan serta untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran.