LIKA-LIKU PERJALANAN SANG PENGAJAR PRAKTIK (5)

 

Setelah mengetahui aku lolos seleksi calon Pengajar Praktik pada Program Guru Penggerak Angkatan 3 Kabupaten Karawang, hatiku sangat senang. Betapa tidak, dari sekian banyak pelamar atau mungkin bisa jadi sampai ribuan yang mengikuti seleksi ini aku salah satunya yang berhasil lolos. Ibaratnya bisa lolos dari lubang jarum. Ya, saking susahnya untuk masuk program ini dikarenakan seleksi yang begitu ketat dan cukup menyita waktu dan tenaga serta pikiran.

Aku bertekad akan bersungguh-sungguh mengikuti program Pemerintah ini. Akan aku ikuti dengan baik serangkaian pelatihan yang nanti sebagai bekal untuk mendampingi para Calon Guru Penggerak (CGP).

Pada Program Guru Penggerak Angkatan 3 Kabupaten Karawang ada 15 calon Pengajar Praktik yang dinyatakan lulus. Salah satu diantaranya adalah aku dengan no PP 21. Sedangkan seluruhnya CGP ada 89 yang terdiri dari semua jenjang mulai dari guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Demikian pula dengan PP sama saja dari semua jenjang baik itu dari sekolah negeri atau swasta. Rata-rata setiap PP mendampingi 5-6 CGP dan aku mendapat 5 CGP diantaranya : Imam Safi’i, Eko Marwanto, Tati Rahmiati, Yeni Suryani dan Nia Kurniawati. Total ada 4 guru SMP dan 1 guru SD. Aku senang sekali mendampingi mereka karena aku akan menemukan saudara baru melalui program ini.

Sebelum mendampingi para CGP, aku diberikan pembekalan secara daring. Lumayan lama dan melelahkan juga karena selama 15 hari aku harus berada di depan laptop mulai pukul 08.00 -16.00. Belum lagi pada malam harinya dilanjut dengan tugas kelompok.

Bagaimana jalannya sesi pelatihan atau pembekalan yang cukup menyita pikiran ini ? Apa saja materi yang diberikan selama mengikuti pembekalan tersebut ? Ikuti kelanjutannya pada esok hari.