LIKA-LIKU PERJALANAN SANG PENGAJAR PRAKTIK (6)

 

Setelah dinyatakan lulus sebagai calon Pengajar Praktik, aku diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pembekalan. Waktu pelaksanaan sudah tertera di LMS. Sebelumnya aku juga belajar tentang bagaimana cara membuka LMS dan kegiatan yang ada didalamnya.

Pembukaan kegiatan dilakukan secara serentak melalui webinar dengan menggunakan zoom. Aku memperoleh banyak informasi melalui kegiatan tersebut, diantaranya bagaimana menggunakan tahapan atau alur MERRDEKA. Aku juga dituntut untuk belajar dan belajar lagi melalui modul-modul yang diberikan. Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa ketika harus berjuang membaca dan mempelajari modul-modul tersebut yang isinya lumayan banyak. Belum lagi aku harus menonton video sebagai gambaran dalam modul.

Sungguh berat rasanya karena di usia yang tak lagi muda, aku harus kembali belajar secara mandiri. Pada sesi bedah modul benar-benar memerlukan daya juang dan konsentrasi tinggi. Belum lagi pada sesi diskusi yang benar-benar menguras tenaga dan pikiran. Di GoogleMeet harus selalu on cam, artinya kamera harus selalu dinyalakan agar terlihat para peserta benar sedang mengikuti kegiatan.

Setelah bedah modul, ada paparan tentang cara-cara mendampingi CGP dalam pendampingan individu (PI).  Selesai sesi PI dilanjutkan dengan bedah lokakarya. Usai semua teori tersampaikan, aku bersiap untuk melakukan simulasi. Setiap kelompok dibagi tugas dan langsung melakukan simulasi.

Ini merupakan pengalaman yang paling berharga dalam hidupku. Betapa tidak, aku sering mengikuti pelatihan. Namun, pelatihan kali ini benar-benar berbeda dari yang lainnya.

Bagaimana pengalamanku setelah terjun langsung mendampingi CGP ? Ikuti dalam kisah berikutnya.