MENJAGA KONSISTENSI DALAM MENULIS

 

TUGAS RESUME 5

PELATIHAN BELAJAR MENULIS GEL 16

 

 

Nama               : Min Hermina, M.Pd

Hari/Tanggal   :  Rabu, 14 Oktober 2020

Waktu             : 19.00-21.00 WIB

Host                : Wijaya Kusumah (Om Jay)

Moderator       : Aam Nurhasanah

Narasumber     : Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd

 

 

 


 

MENJAGA KONSISTENSI DALAM MENULIS

 

Sebagai penulis pemula, tentu ada sedikit rasa tidak percaya diri dan takut ketika menulis. Perasaan seperti itu kadang muncul ketika melihat tulisan penulis lain terkesan lebih bagus. Padahal anggapan itu tidak semuanya benar. Hal itu bisa terjadi manakala penulis pemula tidak mengetahui bagaimana cara menulis yang baik. Selain itu masalah utama yang biasanya dihadapi oleh para penulis adalah inkonsistensi dalam menulis.

Semua permasalahan ini dikupas tuntas dalam kuliah daring bertajuk belajar menulis bersama Om Jay gelombang 16. Pertemuan ke-5 diselenggarakan pada hari Rabu, 14 Oktober 2020 pukul 19.00-21.00 WIB. Menampilkan narasumber kawakan Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd yang sudah malang melintang di dunia kepenulisan. Meski sekarang berada di usia yang tak lagi muda, beliau yang akrab disapa Ibu Kanjeng sangat produktif dalam menghasilkan buku tunggal maupun antologi. Digawangi oleh moderator keren yakni Ibu Aam yang piawai dalam mengatur jalannya kuliah online yang berlangsung melalui WA Grup , waktu 2 jam terasa sangat cepat.

Sebagai generasi muda yang tentu masih punya semangat dan tenaga prima, harus bisa membuktikan produktifitasnya dalam menulis. Memang menulis itu mudah, namun yang sulit itu adalah menjaga konsistensinya. Bagaimana mengatasi hal ini ? Berikut tips dan trik dari Ibu Kanjeng, perempuan kelahiran Jakarta, 8 April 1961 yang saat ini berdinas di Solo.

1.      Buat kerangka tulisan

Agar tulisan fokus dan terarah, sebaiknya sebelum menulis dibuat terlebih dulu kerangka tulisan atau outline. Hal ini penting agar tulisan menjadi tersusun atau terstruktur dengan rapi sesuai alur yang dibuat. Agar tulisan menjadi renyah dan enak dibaca, seringlah membaca tulisan orang lain agar semakin memperkaya kosa kata atau diksi yang menarik. Dengan semakin banyak membaca tentu wawasanpun akan bertambah sehingga tulisan akan bervariasi yang pada akhirnya penulis akan menemukan gaya tulisannya sendiri.

2.      Tetapkan target

Sebelum menulis hendaknya harus menetapkan target, baik dari segi waktu atau jumlah tulisan. Dengan demikian jika ada batas waktu yang jelas akan memacu jalannya tulisan. Begitu pula dengan jumlah tulisan, jika targetnya sehari satu tulisan maka diusahakan harus dipenuhi. Sangat beragam media yang dapat digunakan sebagai sarana menulis misalnya di komputer, buku diary, HP, Facebook, Instagram dll.

3.      Memilih judul dan tema

Buatlah judul semenarik mungkin agar pembaca menjadi penasaran denga nisi tulisan. Judul tidak perlu panjang namun harus mudah diingat. Demikian juga dengan tema tulisan harus dipilih sesuai kemampuan.

4.      Mencari ide

Ide atau gagasan adalah hal penting dalam sebuah tulisan, karena sebuah tulisan tentu membutuhkan ide. Namun, kadangkala ide tak selalu muncul dalam pikiran. Untuk mengatasi hal ini ada baiknya penulis mengamati lingkungan sekitar atau ketika berjalan-jalan ke suatu tempat dibuat sedikit catatan untuk nanti dikembangkan.Selain itu bisa melalui membaca berbagai referensi agar nanti bisa dikembangkan melalui ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

5.      Menerbitkan tulisan

Setelah proses menulis selesai, jangan hanya disimpan sendiri saja. Sebarluaskanlah melalui berbagai media misalnya buku yang diterbitkan atau di blog pribadi bahkan kalau bisa di media massa. Jika ditolak oleh penerbit mayor, jangan berkecil hati teruslah menulis karena masih ada indie publishing yang siap mencetak buku. Dengan mencetak buku sendiri tentunya bisa bebas menentukan jumlah dan harganya.

Itulah beberapa tips yang disampaikan oleh Ibu Kanjeng dalam kuliah online kelas menulis bersama Om Jay gelombang 16. Semoga setelah membaca tips ini, para penulis pemula tetap bersemangat dan produktif dalam menghasilkan tulisan.